Monday, March 16, 2015

Inspirasi Tidak Takut Gagal Berbisnis Diusia Muda


Quote:
Di usia muda, pria ini mulai menapaki jalan sebagai entrepreneur. Sejak di Sekolah Menengah Atas (SMA), Aditya berkeinginan menjadi wirausahawan. Bagi pria kelahiran 1 November 1992 ini, tak harus menunggu dewasa untuk terjun berbisnis. Masa muda diyakini waktu yang tepat untuk mencoba peruntungan dan mengukur kemampuan diri.
“Usia muda adalah awal terbaik untuk mencari pengalaman. Dengan membuka usaha, kita juga dapat memberi lapangan pekerjaan bagi orang lain,” ucapnya. Sejak dua tahun lalu, Aditya bersama tiga rekan semasa sekolah di SMA Ora et Labora BSD mulai merintis usaha. Mengunsung konsep roppan, usaha ini dinamai Cafe Tutup Panci. Mereka melihat saat ini di kawasan BSD masih jarang terdapat tempat nongkrong. Kafe ini menyasar segmen anak muda dan keluarga. “Sesuai tagline Tutup Panci ‘It Share Love’, kami ingin menjadikan kafe ini tempat makan sekaligus berbagi keceriaan dan kebersamaan.”

Mahasiswa tingkat akhir Jurusan Hotel and Tourism Management, Swiss German University, ini mengatakan, ilmu yang didapat di bangku kuliah banyak bermanfaat dalam perjalanan usahanya. “Bisnis pertama ini adalah pengalaman awal berwirausaha. Nantinya saya berkeinginan untuk memiliki restoran sendiri,” terangnya.

Memulai usaha di usia muda bukan tanpa kendala. Hal ini juga dialami Aditya bersama rekannya. Me-manage karyawan dalam hal produk dan pelayanan menjadi tantangan tersendiri. Pasang surut bisnis juga pernah menerpa Tutup Panci. Sempat ingin menyerah, tapi keempat anak muda ini kembali ke komitmen awal membuka usaha. Mereka pun sukses menjaga eksistensi Tutup Panci hingga kini. Bahkan, kini terus dikembangkan dengan memperluas tempat usahanya. “Kami berempat tentu terkadang punya pendapat beda. Maka kami selalu berusaha saling mendengarkan dan melakukan evaluasi. Saya kira bila kita sungguh-sungguh, semua kendala bisa dilalui. Intinya, bila ada kesempatan harus dimanfaatkan. Jangan takut mencoba karena takut gagal. Semua adalah proses menuju kesuksesan,” pungkasnya.

No comments :

Post a Comment