Monday, March 16, 2015

'Arunima Sinha' Wanita Berkaki Satu Yang Taklukkan Puncak Everest


Arunima Sinha kehilangan salah satu kakinya karena terjatuh dari kereta api, dua tahun lalu. Namun, sekarang dirinya berhasil menaklukkan puncak Everest, meski berkaki satu. Dilansir dari Discovery, wanita berasal dari wilayah utara Utar Pradesh ini berhasil mencapai puncak pada hari Selasa pagi setelah mendaki perlahan dari Everest Base Camp. Sherpa, pemandu Arunima Sinha sempat khawatir dengan gerakan lambat Sinha saat tim mencapai ketinggian 8.750 meter. Namun, setelah itu Sinha kembali percaya diri dan semangat sehingga bisa berjalan sangat cepat.

April 2011, wanita yang juga seorang atlet voli nasional ini didorong keluar dari kereta api, saat itu dirinya membela diri dari aksi pencopetan. Namun, saat terjatuh, kakinya terkena kereta sehingga harus diamputasi. "Saat itu semua orang mengkhawatirkanku. Kemudian aku berpikir untuk melakukan sesuatu dalam hidupku sehingga semua orang harus berhenti melihatku dengan rasa kasihan," ungkap Sinha.

Tata Steel Adventure Foundation akhirnya menjadi sponsor dan membiayai pelatihan serta panduan untuk pendakian Sinha. "Kami mengetahui ceritanya, dan tahu bahwa dia sudah pulih dari amputasi yang dideritanya karena dia pernah menjadi atlet yang aktif," tambah Sherpa.

Akibat prestasi ini, Sinha menjadi wanita dengan kekurangan fisik pertama yang menaklukkan Everest. Sebelumnya, Tom Whittaker, pendaki Inggris menjadi orang pertama yang kekurangan fisik yang berhasil mencapai puncak Everest.


Sumber

No comments :

Post a Comment